Kamis, 10 Januari 2013

Cara Verifikasi Blog Mywapblog Ke Google | Cara Verifikasi Blog MWB di Google Webmaster Tools

Assalamualaikum Wr.Wb.

Cara Verifikasi Blog Mywapblog Ke Google | Cara Verifikasi Blog MWB di Google Webmaster Tools adalah topik yang kali ini ingin saya bahas. Hal ini sangat perlu, terutama jika blog sobat ingin di peruntukkan untuk search engine optimization (SEO). Seperti yang kita tau orang mencari informasi di internet menggunakan mesin pencari, dalam hal ini google search engine merupakan aktor utamanya yang hampir 90% para netter menggunakan jasanya untuk mencari informasi yang di inginkannya. Dengan keadaan seperti itu tentu berjuta-juta website atau blog bersaing untuk menjadi yang no 1 di Search Engine Result Page (SERP) dengan berbagai keyword yang di cari para netter. Jika web/blog kita ingin berada di halaman utama SERP, salah satu yang wajib adalah dengan cara submit website / blog kita ke si mesin pencari tersebut supaya mesin pencari lebih mudah mengindeks blog atau artikel kita.

Langkah pertama pastiin kamu sudah logn in/sign in ke account mywapblog kamu, kemudian silahkan kamu kunjungi Google Webmaster Tools (untuk pengguna opera mini seperti saya, sebaiknya nonaktifkan mobile site/singli column view). Selanjutnya sign in dengan akun gmail kamu, jika belum punya buat dulu. Setelah berhasil sign in kamu akan di bawa ke beranda alat webmaster google, lalu kamu cari link dan klik yang bertuliskan Tambahkan Situs/Add site tepat bagian kanan atas yang berwarna merah (lihat gambar berikut)
Verifikasi blog mywablog

Masukkan url situs blog kamu di kotak form, lalu klik tombol Terus/Continue
Verifikasi blog mywapblog

Setelah berhasil, langkah selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan blog kita di google webmaster. Ada dua pilihan metode, yakni metode yang disarankan/Recommended method dan metode alternatif/Alternate methods. Pilihlah metode alternatif/Alternate methods, selanjutnya setelah kamu pilih metode alternatif maka akan ada tiga pilihan.
- Opsi pertama yakni tambahkan tag meta ke beranda situs anda - Opsi kedua gunakan akun google analytics - Opsi ketiga tambahkan rekam DNS ke konfigurasi domain anda.
Silahkan pilih opsi yang pertama saja yakni tambahkan tag meta ke beranda situs anda/HTML tag (lihat gambar berikut)
Verifikasi blog mywapblog

Untuk kamu yang mengakses Google Webmaster Tools via mobile phone dengan browser opera mini. Silahkan cari tulisan 'Show me an example' tepat dikolom yang terbuka setelah mengklik HTML tag. Cara ini agar kamu mendapatkan kode verifikasinya. (lihat gambar berikut ini)
Verifikasi blog mywapblog

Setelah kamu klik maka akan tampil kode verifikasinya, yang kurang lebih seperti ini :
<meta name="google-site-verification" content="-hfRNhqD4z0UbcOK81e0Mxi4eqHVI5tYazemWXivNV0"/>
Perhatikan contoh kode teks di atas, kamu hanya copy/salin kode yang berwarna DarkGoldenRod itu saja (tepat di antara kode content=" dan "/>. Ingat kode di atas hanyalah sebagai contoh, jangan kamu copy/paste kode diatas karena sudah saya pakai. Itu pasti tidak bisa, dapatkan kodenya hanya di Google Webmaster Tools
Setelah kamu dapat kodenya, lalu kamu copy kalau perlu catat dan harus sama persis dengan kode yang diberikan. Huruf besar kecil dan angka harus sama dan tidak ada spasinya.

Setelah itu kamu buka tab baru menuju ke alamat www.mywapblog.com/id/site_verification.php?, kemudian pilih blog verification google. Pastekan kode tadi di kotak form yang telah di sediakan dan klik save.
Setelah berhasil lalu kembali lagi ke tab sebelumnya yakni halaman verifikasi kepemilikan blog di google dan klik verifikasi sekarang . Setelah berhasil maka akan tampak seperti ini
Verifikasi blog mywapblog
lalu klik lanjutkan maka kamu akan dibawa ke halaman dashboard web atau blog anda.

Cara Verifikasi Blog Mywapblog Ke Google | Cara Verifikasi Blog MWB di Google Webmaster Tools
Semoga bermanfaat.
Wa'alaikumsalam Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About